Rangkaian Acara Haul Nyai Ageng Ngerang 1439 H / 2017 M

Kali ini saya ingin membagikan informasi tentang rangkaian acara dalam kegiatan Haul Nyai Ageng Ngerang Tahun 1439 H / 2017 M.

1. Pengajian Umum
Hari, Tanggal : Senin, 18 September 2017
Pukul : 19.30 WIB - selesai
Tempat : Halaman Makam Nyai Ageng Ngerang

Pada tahun ini insya'Allah pengajian umum ini akan dihadiri oleh Habib Muh. Syafi'i bin Idrus Alaydrus dari Solo Jawa Tengah dan Habib Muhsin Alaydrus dari Pasuruan Jawa Timur . Serta akan diiringi dengan grup hadroh Hubbun Nabi dari Pati. 

Bagi anda yang ingin menghadiri pengajian umum, maka tempat parkir yang disediakan adalah di area persawahan sebelum makam Nyai Ageng Ngerang. Jadi, lebih baik anda memarkirkan motor saudara di tempat tersebut. Daripada di lokasi parkir yang berada di dekat keramaian pasar malam. Agar lokasi anda parkir dengan lokasi pengajian tidak terlalu jauh. Maka bertanyalah jika ingin menuju ke lokasi pengajian, agar diberikan petunjuk arah menuju lokasi pengajia dan tidak berbenturan dengan ramainya pengunjung pasar malam yang semakin ramai.

2. Tahtimul Al-Qur'an Bil Ghoib
Hari, tanggal : Rabu, 20 September 2017
Pukul : 07.00 WIB - selesai
Tempat : Makam Nyai Ageng Ngerang 

Rangkaian Acara Haul Nyai Ageng Ngerang 1439 H / 2017 M


3. Kirab Luwur
Hari, tanggal : Kamis, 21 September 2017
Pukul : 13.00 WIB - Selesai
Lokasi : Sepanjang jalan dari Balai desa Tambakromo - Makam Nyai Ageng Ngerang

Pada acara kirab luwur ini adalah salah satu acara yang sangat ramai dan ditunggu-tunggu warga. Dimana pada acara ini insya'allah akan dihadiri berbagai iring-iringan tumpeng dari warga dukuh ngerang serta berbagai grup-grup drumband dari berbagai sekolah maupun tamu undangan.

Dengan rute yang lebih dari 1 Km, membuat anda bisa menikmati pertunjukan drumband yang sangat panjang. Namun karena sangat ramainya pengunjung yang datang. Biasanya mulai setelah waktu Dzuhur maka di sepanjang jalan yang akan dilalui sudah dipenuhi warga yang ingin melihat kirab ini. Lalu, biasanya dalam acara ini pula akan datang pihak perwakilan pihak dari Keraton Surakarta yang turut serta sebagai rombongan yang mengiring luwur ke Makam Nyai Ageng Ngerang.

Bagi anda yang ingin datang ke acara kirab, maka lakukanlah dengan tertib dan rapi. Serta berhati-hatilah saat tiba sesi pembagian tumpeng, biasanya banyak pengunjung yang berebutan tumpeng hingga berdesak-desakkan. Utamakanlah keselamatan anda agar bisa tetap menikmati dan mengikuti acara sampai selesai.

4. Tahtimul Al-qur'an Bin Nadhor
Hari, tanggal : Kamis, 21 September 2017
Pukul : 18.30 WIB - Selesai
Tempat : Aula Makam Nyai Ageng Ngerang

5. Buka Luwur
Hari, tanggal : Jum'at, 22 September 2017
Pukul : 05.30 WIB - Selesai
Tempat : Makam Nyai Ageng Ngerang

Pada acara ini, kain putih penutup Makam Nyai Ageng Ngerang akan diganti dengan kain penutup yang baru.

6. Lelang Luwur
Hari, tanggal : Jum'at, 22 September 2017
Pukul : 08.00 WIB - Selesai
Tempat : Kantor Sekretariat Makam Nyai Ageng Ngerang

Kantor sekretariat ini berada di depan kompleks makam Nyai Ageng Ngerang, di samping Paseban Makam Nyai Ageng Ngerang.

7. Kenduri Umum
Hari, tanggal : Jum'at, 22 September 2017
Pukul : 16.00 WIB - Selesai
Tempat : Aula Makam Nyai Ageng Ngerang

8. Tahlil Umum
Hari, tanggal : Jum'at, 22 September 2017
Pukul : 18.30 WIB - Selesai
Tempat : Aula Makam Nyai Ageng Ngerang

9. Ketoprak (Sehari-Semalam)
Hari, tanggal : Jum'at, 22 September 2017
Pukul : 18.30 WIB - Selesai
Tempat : Sebelah Timur Perempatan Sebelum Masjid Jami' Al-Ikhlas.

Ketoprak ini tepatnya berlokasi di sebelah bagian selatan dukuh Ngerang, yaitu di jalan menuju kearah dukuh Bugel atau desa Keben. Sangat dekat dengan lokasi tempat banyak komedi putar yang menjadi pusat keramaian pasar malam. Jika anda sudah sampai di perempatan sebelum masjid Jami' Al-Ikhlas Dukuh Ngerang maka anda tinggal ke arah timur sekitar 150 meter saja. Namun bagi anda para pengguna sepeda motor, maka motor tersebut tidak boleh dibawa masuk ke area lokasi. Hal ini untuk menyeterilkan lokasi agar bisa lebih nyaman untuk semua pengunjung. Maka parkirkanlah motor atau mobil anda di lokasi-lokasi yang disediakan. Jangan memaksa kendaraan anda untuk bisa masuk.

Sekian, informasi yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa menambah informasi bagi anda yang ingin berkunjung ke dukuh Ngerang.

 


 

0 Response to "Rangkaian Acara Haul Nyai Ageng Ngerang 1439 H / 2017 M"

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.