Diantara sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bisa memberikan manfaat diantara sesamanya (Nabi Muhammad SAW)

Rabu, 16 Juli 2014

7 HAL YANG BUAT SKRIPSIMU JADI LAMA

7 HAL YANG BUAT SKRIPSIMU JADI LAMA
#JoNaJoNi
*Sekedar share pengalaman dan pengamatan, semoga bisa memberi inspirasi supaya skripsi kalian semua bisa cepet selesai dan cepet lulus. Tak ada salahnya belajar dari pengalaman orang lain, supaya itu bisa menjadi pengalaman tambahan buat anda. So mari belajar, penulis juga dalam tahap penyelesaian skripsi,
Oke langsung aja ini dia 7 HAL YANG BUAT SKRIPSIMU JADI LAMA…
1.       Tak Punya Rencana
Yups yang pertama adalah rencana gan, tanpa rencana suatu hal itu tentu jarang sekali terjadi. Intinya Rencana yang bagus menghasilkan hasil yang bagus.
                Ceritanya si Jono sedang masa-masa ngerjain skripsi. 1 hari 2 hari Jono diam saja di kamar menikmati masa-masa akhirnya di kos-kosan, fikirnya. Hingga hari-hari berganti, 1 minggu 2 minggu Jono tetap diam saja di kamar. “Ah nanti saja ngerjain skripsinya, waktuku masih panjang. Semester ini baru dimulai” gumamnya dalam hati. Hingga akhirnya berakhirlah bulan pertama dia habiskan waktunya sia-sia saja dikamar sambal facebookan. Baru pada bulan kedua Jono berfikir untuk mulai mengerjakan skripsinya. “Aduh mulai dari mana ya, apa yang harus gue tulis nih???” Jono kebingungan. Akhirnya dia mulai malas lagi, gak jadi ngerjain malah cepet-cepet update status. “Kata pertama skripsiku apa yaaachh”, dengan dikasih tanda pager yang gede banget #Cemunguutzz skripsi.
                Itu gan jika kita tidak punya rencana, waktu pun jadi molor dan molor terus. Kaya molornya anak muda saat tidur di bulan puasa hahaha. Kita harus tentuin rencana untuk ngerjain skripsi. Kita tulis tanggalnya secara rinci deh, bener-bener ditulis. Kalau perlu ditulis ama jam dan menit2nya sekalian. Ditulis tanggal berapa ngerjain bab 1, kapan ngerjain bab 2, bab 3 dst dan kapan harus selesai. Hingga tertulis tanggal target mau sidang nguji skripsinya kapan sekalian. Tulis rencananya agak maju ya gan, jangan di mepet-mepetin sampai akhir semester itu. jangan deh pokoknya, karena kendala itu selalu terjadi. “Kadang yang terjadi itu tak sesuai rencana” itu dia. Bisa saja kan walau rencananya keren, tiba-tiba di tengah jalan agan-agan sakit. Ntah sakit panu atau sakit gigi, itu bisa mengganggu proses penulisan skripsi.
2.       MOOD Yang Buruk
Oke, yang kedua adalah mood. Ini yang biasanya tiap orang itu berbeda-beda. Kadang kita moodnya baik kadang juga buruuuk banget, beranjak dari Kasur saja ogah. Pengennya twitteran aja terus di ranjang, atau seharian ngepoin facebooknya mantan.
                Ceritanya, Si Jono mulai mood nih untuk ngerjain skripsi. Dia mulai tobat dari kemalasannya sebulan lalu. Jono mulai ngetik dengan begitu cepet sampai jari-jarinya keriting. 10 jari dipake semua, kalau perlu dengan kecepatan maksimal ditambah dua jempol kaki. Menggebu-gebu sampai larut malam. Tibalah hari kedua Jono bangun tidur, ah tiba-tiba Jono mulai ngerasa capek. “Ah udahlah nanti saja, males bangun. Nanti malem aku kebut lagi” gumamnya. Eh akhirnya seharian hingga malem pun tiba Jono tak menyentuh keyboard komputernya lagi.
                Intinya, jada mood agan-agan semua agar tetep stabil. Ingat yang baik itu konsisten, istiqomah kalau istilah anak yang rajin ibadah. Jangan satu hari full lembur, 3 hari full tidur. Seperti naik gunung, selangkah demi selangkah tetep jalan. Bukan sebentar-bentar cepet langsung berhenti, bikin capek itu gan.

3.       Dosen Pembimbing Yang Sulit
Yang ketiga ini yang bikin si Jono lama skripsinya, ceritanya si Jono awalnya mulai punya semangat lagi dengan kuat. Dia udah nulis rencana skripsinya dengan jelas bahkan di print dan dia tempel di dinding kamarnya hingga penuh, bahkan tak menyisakan ruang bagi cicak-cicak merayap2 bebas di dinding. Pagi-pagi sekali sebelum jam tujuh si Jono dateng ke kampus, berharap bisa bimbingan pertama kali. Tapi waktu terus berjalan, jam 9 tidak ada tanda-tanda dosen pembimbingnya sudah datang. Jono masih sabar, jam 11 belum ada juga. Jono masih sabar, dia selingi dengan facebookan memanfaatkan wifi gratis di kampus. Tak terasa sudah jam 1 siang, oh sang dosen tercinta belum datang juga. Jam 2 kesabaran Jono sudah habis, segera dia pulang dengan terakhir dia nulis status ngutip lagunya D’Bagindas.

“Berapa lama ku harus menunggumu, di ujung gelisah ini aku tak sedetik pun tak ingat kamu”
#Dosen tercinta

Hari berikutnya si Jono berangkat pagi, berharap bertemu sang

Senin, 14 Juli 2014

Puasa #Cerita_JoNaJoNi

Puasa
#Cerita_JoNaJoNi

Singkat cerita suatu hari dua sejoli yang sedang tidak dimabuk cinta bercanda tawa bersama, sebut saja namanya Joko dan Ningrum.
Joko : Ning, puasa gak hari ini ?
Ningrum : Puasa lah, lah kang Joko puasa gak?
Joko : Puasa gak ya, tahu lah Ning. Akang bingung, pengen puasa tapi…
Ningrum : Tapi apa Kang, puasa itu wajib lho bagi orang-orang yang beriman. Kang Joko beriman gak? Wah Ning jadi ragu deh.
Joko : Eh Akang beriman kok Ning, ya udah Akang puasa deh.
Ningrum : Masak kalah sama anak SD 10 tahun itu udah rajin puasa.
Joko : Duh gak mungkin kalah dong sama mereka, gak mungkin lah.
Ningrum : itu buktinya puasanya bolong-bolong
Joko : hehehe kalau itu sih memang masih kalah
Nigrum : Terus??? Gak kalahnya dalam hal apa
Joko : Mmmm gak kalahnya dalam mencintai Ningrum sepenuh hati…
Ningrum : Plak…. Haduh gombal terus. Puasa yang bener dulu sana, baru berani ngegombal.
Joko : oke oke

#Cerita_JoNaJoNi
Visit me : mas.agus-jp.blogspot.com

PEMILU #Cerita_JoNaJoNi

PEMILU
#Cerita_JoNaJoNi

Suatu hari Joko dan Jono sedang nongkrong di warung kopi Mbok Jah.

Joko          : Heh Jon, menurutmu siapa yang menang pemilu 2014 kali ini?
Jono         : Ya kalau nggak Prabowo ya Jokowi lah.
Joko          : Eh bukan Pemilu presden maksud gue.
Jono         : Lha emang ada pemilu lain apa ?
Joko          : ini lho pemilihan kepala desa kita, yang menang Om Wowo atau Om Wiwi ya?
Jono         : Gue sih njago om Wowo no.1 partai padi, jelas dia bakal menang.
Joko          : Wah kalau gue pilih om Wiwi No. 2 partai ketela, pasti menang.
Jono         : Lihat itu om Wowo orangnya tegas dan gagah gitu, harkat martabat desa kita pasti akan naik. Disegani desa lain, tidak diinjak-injak lagi. Para maling-maling yang sering berkeliaran pada malam hari pasti pada gak berani ngeliatin batang hidungnya. Pasti dia yang bakal terpilih.
Joko      : Eh gak mungkin lah, terlalu banyak isu di masa lalunya. pasti Om Wiwi yang bakal kepilih. Dia itu merakyat, lihat saja kemaren ntraktir kita minum kopi disini. Dia suka lari-lari pagi sambal cabutin rumput di lapangan dan di depan masjid, suka ronda dan dia juga mantan ketua RT sebelah. Pasti dia bakal menang
Jono      : Halah itu hanya pencitraan saja, gue tahu sebenernya dia itu kayak gimana. Karena gue kan tetangganya. Kemaren saja buang sampah sembarangan di jalan raya hingga malah jadi macet tuh jalan.
Joko      : Eh jangan kampanye hitam lu ya !!! (Joko mulai naik bicaranya)
Jono      : Elu dulu yang mulai bilang Om Wowo itu masa lalunya banyak isu.
Joko      : Emang dia begitu, bekas security yang gebukin warga yang hanya

Kamis, 19 Juni 2014

Setangkai Mawar Untuk Jodohku

SETANGKAI MAWAR UNTUK JODOHKU
Oleh Agus JP
 
*Cerita fiksi, karena nggak lolos lomba jadi aku posting aja. Jika berminat baca saja, semoga bermanfaat
*Kesamaan tokoh, suasana dan tempat hanyalah fiktif belaka

Di suatu perguruan tinggi negeri di Jawa Tengah, yaitu Universitas Negeri Semarang terdapat sebuah persahabatan yang terjalin antara lima orang mahasiswa. Dua perempuan dan tiga lelaki, mereka berlima sering telihat bersama dari kuliah sampai hanya sekedar nongkrong saja. Mereka adalah Jaka, Setyo, Pras, Vica dan Silfi.

Hari itu Jaka mengendarai motornya dengan begitu kencang karena tiba-tiba gerimis mulai menerpa tubuhnya. Sementara dalam tasnya terdapat buku yang ingin dikembalikan kepada temannya, Vica. Akhirnya dia sampai di kos Vica dengan keadaan sedikit basah. Di teras kos sudah terlihat Vica yang sudah menunggu kedatangan Jaka, seketika Vica mempersilahkan Jaka duduk di teras kosnya. Setelah mengembalikan buku, mereka berbincang-bincang cukup lama karena hujan justru mengguyur kota Semarang begitu derasnya. Dalam pembicaraan, Jaka terkaget dengan pertanyaan Vica. “Jaka, kita sudah bersahabat sejak lama. Berbagai momen telah kita lalui bersama. Tapi aku sadar sebenarnya ada hal lain yang membuat kita lebih dekat. Sebentar lagi kita akan lulus, aku tidak ingin pisah dengan temen-temen, terutama denganmu”.
Jaka pun bingung, “Vica maksudmu apa?”.
“Aku tahu sebenarnya kau juga suka denganku, kau sering memberikan perhatian lebih buatku. Temen-temen semua juga sudah tahu, Silfi, Pras dan Setyo. Aku ingin kita jadian”. Dengan terbata-bata Jaka menjawab “Vi Vica, memang benar aku suka padamu, tapi aku tidak ingin pacaran”.

Kamis, 10 April 2014

17 Huruf

17 Huruf

Kusempatkan waktu
Hingga bertumpuk adanya
Oh tapi kamu
Terlihat acuh rasanya

Inginku kau tersenyum
Meski hanya sebentar saja
Aku jadi pengagum
Tanpa paksaan tanpa tekanan
Untuk menantimu dengan sengaja

Sayangnya kau jauh
Sampai aku sering mengeluh
Aku memohon dengan rapuh
'Aku memang butuh'
Dekap cinta ingin kurengkuh

Inginku kau baca syairku
Yang terangkai oleh namamu
Andai semua orang tau
Hanya padamu aku rangkaikan itu.

Mahasiswa Budak Politik

Merah kuning hijau
Partai-partai berkicau
Para pemenang besendau gurau
Yang kalah pun menggalau
Aneh mahasiswa berdebat kacau
Sok ngurusi partai hai kau

Kuliahmu saja berlalu
Skripsimu kau jadikan benalu
Kau tinggal seolah tak perlu
Padahal kau banggakan itu dulu
Apakah kau punya malu

Kau bilang kami apatis
Kau sebut dirimu nasionalis
Atau kau labeli dirimu aktivis
Kadang kala kau berjubah agamis
Kau sering berkoar-koar sok kritis
Tapi semua berbalik miris
Ketika semua orang tau dirimu antek politis

Omong besarmu seolah tak terdidik
Lawan-lawanmu kau anggap picik
Yang kontra denganmu kau usik
Hanya pendukungmu kau bilang baik
Dasar kau budak-budak politik.
Suka ·  · Promosikan · 

Rabu, 12 Maret 2014

PROSEDUR PENYIMPANAN ARSIP

PROSEDUR PENYIMPANAN ARSIP

1. Meneliti dulu tanda pada lembar disposisi apakah surat tersebut sudah boleh untuk disimpan (meneliti tanda pelepas surat/release mark).
Tanda pelepas surat biasanya berupa disposisi dep. (deponeren)yang menunjukkan perintah untuk menyimpanan surat.

2. Mengindeks atau memberi kode surat tersebut.
Indeks/kode surat dibuat sesuai sistem penyimpanan arsip yang dipergunakan dan dibuat untuk memudahkan penyimpanan dan penemuan kembali surat.

3. Menyortir atau memisah-misahkan surat sesuai dengan bagian, masalah atau tujuan surat. Kegiatan menyortir/memisah-misahkan surat sebelum disimpan biasanya dilakukan dengan menggunakan rak/kotak sortir.

4. Menyimpan surat ke dalam map (folder).
Penyimpanan surat ke dalam map/folder dapat menggunakan stofmap folio, snelhechter, brief ordner, portapel atau folder gantung kemudian dimasukkan ke dalam lemari arsip/filing cabinet atau alat penyimpanan arsip yang lain.

5. Menata arsip dengan baik sesuai dengan sistem yang dipergunakan.
Penyimpanan arsip dapat menggunakan sistem penyimpanan arsip sebagai berikut :
a. Sistem Abjad (Alphabetic Filing System)
b. Sistem Tanggal (Chronological Filing System)
c. Sistem Nomor (Numeric Filing System)
d. Sistem Wilayah (Geographic Filing System )
e. Sistem Subyek/Pokok Masalah (Subject Filing System)

Follow by Email

Bidikmisi