7 Pesan Untuk Mahasiswa Baru

More Pictures : www.facebook.com/agusjpcreations

1. Hati-hati dengan kakak-kakak yang modus. Rajin sms, rajin telepon dan begitu perhatian. Ehm-ehm hati-hati jangan mudah dirayu.

Saat kamu sudah menjadi mahasiswa baru, kamu kan mendapatkan kakak-kakak angkatan yang ada di kampusmu. Kamu sebagai mahasiswa baru, tentu menjadi obyek perhatian bagi mereka. Mereka ada yang cuek, ada pula yang ingin caper terhadapmu. Adapula yang modus ingin merayumu, rajin sms, rajin telepon, reajin memberikan perhatian dengan berbagai macam cara. Kamu harus pintar-pintar aja menghadapi mereka. Jangan mudah
terayu, namun jangan pula menyombongkan diri mengacuhkannya.

2. Pilihlah tempat kos yang teliti, minta rekomendasi dari beberapa orang yang kamu kenal. Jangan hanya tergiur dengan fasilitas ini dan itu, atau program ini dan itu.

Kos merupakan tempat yang sangat penting untuk kamu pilih dengan baik dan teliti. Ini bagi kamu yang mempunyai tempat tinggal asal yang jauh dari kampusmu. Kamu harus punya rekomendasi dari beberapa orang, jangan asal terayu oleh fasilitas ini dan itu yang ditawarkan. Memang begitulah cara mereka merayu kamu. Atau kamu dengan mudah percaya dengan rayuan program ini dan itu yang ditawarkan oleh pihak kos atau penghuni kos yang ada disitu.
3.Akan ada banya organisasi atau kelompok yang akan merayumu, kamu ibarat makhlus polos yang masih unyuk-unyuk. Jadi jangan mudah tergiur dengan kelompok-kelompok yang baru kamu kenal.

Saat di awal kamu masuk, maka ada banyak organisasi dan kelompok yang ingin merekrutmu menjadi anggotanya. Baik organisasi atau kelompok yang memang bagus buat kamu nantinya maupun organisasi atau kelompok yang tidak jelas profilnya. Mereka menganggapmu sebagai obyek empuk yang bisa mereka rekrut. Kamu harus cerdas dalam memilih, tidak mudah percaya dengan berbagai selebaran yang mereka bagikan. Jangan hanya mengangguk-angguk polos ketika diceramahi mereka. Bertanyalah sebanyak-banyaknya.

4. Akan ada doktrin-doktrin baru yang akan kamu dengar, seolah menawarkan kesuksesan atau kebahagiaan padamu. Ingat !!! Jangan mudah percaya, coba tanya dari sudut pandang yang lain.

Kamu akan mendengar banyak teori-teori baru yang mungkin belum perbah kamu dengar, teori-teori yang sebenarnya penuh doktrin. Adapula yang memang baik untukmu dan adapula yang hanya ingin mencuci otakmu yang masih polos. Kamu tak boleh dengan mudah mengiyakan perkataan mereka, kamu sudah lulus SMA, maka kamu harus gunakan analisamu. Walau mereka terlihat sangat pintar, kamu jangan mudah dibodohi oleh mereka.

5. Hindari pertemuan-pertemuan yang diselenggarakan oleh organisasi nggak jelas dengan waktu nggak jelas, tempat nggak jelas. Jangan sampai mereka memanfaatkan keluguanmu.

Banyak sekali mahasiswa baru yang terjebak oleh golongan-golongan nggak jelas dan merugikan. Entah itu golongan sesat, golongan penipu tipu-tipu, dan golongan merugikan lainnya. Mereka menjanjikan berbagai macam hal yang menggiurkan, entah itu keseuksesan dunia hingga sampai yang menjanjikan surga. Jangan sampai tertipu, mereke mengajakmu untuk mengikuti acara nggak jelas, di tempat yang nggak jelas pula. Entah itu seminar, entah itu workshop, entah itu acara-acara yang terlihat keren. Kamu harus pintar-pintar memilih informasi. Kalau bisa selalu kontak dengan keluargamu untuk memutuskan sesuatu.

6. Akan ada banyak informasi bersileweran di Hpmu, kamu harus pastikan info itu valid. Banyak penipuan yang menyerang mahasiswa baru, karena kamu dikenal sebagai mahasiswa yang masih penurut sekali.

Banyak sekali penipuan yang mengatasnamakan kampusmu yang baru itu. Entah itu tentang acara, entah itu tentang pungutan-pungutan tertentu. Kamu cek aja di website kampusmu, atau di papan informasi yang memang sudah kredibel. Kamu jangan hanya percaya dengan surat kaleng, atau pesan berantai nggak jelas yang dikirimkan oleh pihak yang nggak jelas pula.

7. Jangan terlalu percaya kepada orang yang baru kenal, percayalah dalam kehati-hatian. Ingatlah bahwa tidak semua orang itu baik, tidak semua orang itu buruk.

Terkahir, tentu kamu akan menemui banyak orang baru. Entah itu teman mahasiswa baru, teman kos baru dan lain sebagainya. Kamu jangan mudah percaya dengan mereka, karena kamu juga belum paham dan kenal dengan mereka. Percayalah secukupnya, biarlah kepercayaan itu mengalir seiring kamu kenal dengan mereka. Agar kamu tidak merudi karena salah memberikan kepercayaan.

Oke sobat, semoga artikel ini dapat membantumu sebagai mahasiwa baru. Sukses kedepannya sampai lulus nanti. Oke, semangat kawan dalam mengejar cita-citamu.

0 Response to "7 Pesan Untuk Mahasiswa Baru"

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.