Tips Cara Menghadapi Dosen yang Galak atau Killer

ilustrasi gambar : news.okezone.com

Ketika kuliah, untuk menunjang lancarnya perkuliahanmu. Maka kamu harus pula menjaga hubungan baik dengan semua dosenmu. Dosen itu ada yang dilabeli sebagai dosen galak dan tidak. Dosen galak sering pula diberi julukan dosen killer. Wah ini serem sekali sebutannya. Maksudnya dosen itu bisa membuat kita tidak lulus mata kuliah, nilai kita jelek, karena sedikit kesalahan saja yang kita lakukan. Beliau intinya sangat ketat dan tegas, sebenarnya hal itu sangatlah baik. Namun karena begitu menegangkan ketika kuliah dengan model seperti itu, mahasiswa jadi merasa takut. Berikut hal-hal yang saya rangkum bagaimana cara menghadapi dosen yang galak atau killer.

1. Berangkat Tepat Waktu

Kamu harus berangkat tepat waktu, jangan suka telat. Ada lho dosen yang tidak memberikan toleransi sedikitpun bagi mahasiswa yang telat. Kurang dari lima menit sudah tidak diperbolehkan masuk kelas. Tentu berisiko, jika nanti ada pretes atau postes tentu kita tidak mendapatkan nilai. Sampai tingkat galaknya, kamu berada dibelakangnya saat masuk kelas dan beliau masuk duluan. Lalu sang dosen ternyata tidak mempersilahkan kamu masuk, dengan alasan kamu seharusnya masuk sebelum dia. Menyeramkan yang seperti ini, saking tegasnya hingga seperti itu. Namun biasanya tetap ada perjanjian anatara dosen dan mahasiswa, kira-kira seperti apa kedepan batas telat ditentukan. Untuk mengatasinya kamu bisa pasang alarm di HP kamu satu jam sebelum masuk, lalu setiap 10 menit dari itu dinyalakan berulang. Niscaya kamu tidak lupa kapan kamu masuk hehehe. Jika kurang, kamu bisa pasang notice di depan pintu kamarmu. "HARI INI JADWAL DOSEN XXX". Biar kamu selalu inget, jika masih kesulitan mending kamu tidur di dalam kelas kuliahmu. hehehe

2. Ramah dan Sopan

Kamu jangan pelit senyum terhadap sang dosen, berikanlah senyum termanis melebihi senyumanmu yang paling gombal. Namun jangan terlalu genit, apalagi dosenmu itu sudah berkeluarga. Kamu harus ramah dengan beliau, jangan murung nanti dikira kamu sangat tidak menyukainya. Hal itu bisa membahayakan, kamu bisa-bisa dicatat secara khusus sebagai mahasiswa yang tidak suka dengan beliau. Jadi kamu harus keep smile namun jangan always smile. hehehe

3. Jangan Menggurui Sang Dosen

Ketika kamu sudah belajar semalaman sebelum kuliah besok. Lalu di pagi harinya ketika sang dosen menerangkan dengan semangat bla bla bla, sampai ruang sebelah kedengaran. Eh tiba-tiba kamu malah menyela di tengah semangatnya.

"Pak anda salah dalam menerangkan, harusnya begini begini begini bukan begitu."

Sontak pasti sang dosen akan
mengenal namamu dengan baik. Intinya jaga reputasi sang dosen, kamu harus mencari momen yang tepat untuk menyampaikan pendapatmu, Misalnya tat kala dia sudah mempersilahkan dirimu bertanya.

4. Jangan Mengkritik Di Depan Umum

Kamu sebagai mahasiswa pasti menjadi orang yang hobi mengkritik, bahkan penjual pecel bisa kena kritikanmu karena pecelnya kurang asin. Oke, ketika kamu kuliah dengan dosen yang galak. Maka jangan tuangkan hobi kritikmu membabi buta di depannya. Ketika sang dosen mengajar dengan cepat, kamu kritik. Ketika pelan, kamu mengkritiknya. Boleh sih, namun harus menyesuaikan kondisi dan situasi. Karena sepintar dan secerdas apapun dirimu, baginya kamu adalah mahasiswa yang belum lulus kuliahnya. hahaha

5. Rajin Berangkat

Jadilah mahasiswa yang rajin berangkat, jangan sampai dipresensi dosenmu yang galak tertulis namamu yang tidak masuk. Besok harinya kamu bisa disuruh maju dan ditanyai habis-habisan oleh dosenmu. Bahkan mungkin bisa diminta untuk mengajar, berani-beraninya kamu tidak berangkat mata kuliahnya. Memangnya kamu sudah merasa pintar! hehehe. Usahakanlah tetap setia dengan kuliah sang dosen, biar kuliahmu tidak ada masalah.

6. Menyelesaikan Semua Tugasnya

Selesaikanlah semua tugas yang dia berikan. Kamu harus mengumpulkannya tepat waktu, kalau perlu tepat di menit dan di detik kesepakatan. Awas jangan pernah sampai kamu copy paste tugas dari teman-temanmu. Kamu harus tahu bahwa sang dosen mempunyai indra keenam, dia bisa mempredikis setiap tulisan dari kata-katamu dengan scaning penglihatannya. So, semangatlah mengerjakan tugas-tugasmu walau begitu sulit dan memeras fikiran. Agar IPmu di semester ini baik dan seseuai rencana.

Baca juga : Cara Mendapatkan Indeks Prestasi (IP) Lebih Dari 3,0

7. Berani Menjawab Pertanyaannya.

Ketika kamu ditanya beliau, kamu janganlah diam apalagi menunduk saja. Bisa-bisa kamu bakal dicerca banyak pertanyaan. Tetaplah rileks walau sebenarnya sangat tegang. Usahakan kamu tidak terbata-bata menjawab pertanyaan-pertanyaannya. Makanya sebelum perkuliahanyya kamu harus belajar dahulu.

8. Jangan Tidur Saat Perkuliahan.

Jika kamu sampai tidur di perkuliahannya, itu hebat sekali nyalimu. Mungkin karena kamu begadang semalaman untuk mempelajari materi dosenmu itu agar bisa lancar karena ditanya. Eh malah kamu lupa tidur. Kamu bisa mencegah kantukmu dengan makan permen anti kantuk sebelumnya, atau selalu ingatkan temanmu agar selalu menggertakmu pelan disaat terkantuk. Intinya, tetap jaga kondisi fitmu ketika kuliah dengan beliau.

9. Jangan Ngobrol Sendiri

Dosenmu sedang membara semangatnya dalam mengajar, eh kamu malah asyik ngobrol dengan teman sebelahmu. Siap-siap saja namamu bakal dipanggilnya. Atau kamu justru asyik ngborol di HP dengan gebetanmu. Siap-siap saja semua privasimu bakal dibuka-buka sang dosen didepan semua teman-temanmu.

10.  Menghubunginya Dengan Santai

Ini yang sering terjadi, karena kamu sangat khawatir dengan nilaimu pada kuliah itu. Takut bahwa nilaimu akan jelek seperti banyak cerita dari kakak-kakak kelasmu. Ketika sang dosen belum juga memberikan nilai kepadamu. Kamu justru memberondong dia dengan sms dan telepon. Wah sang dosen yang tadinya ingin memberikan nilai baik kepadamu, justru beruba fikiran. Maka kamu harus sabar mengahadapinya, cukup sesekali kamu mengingatkannya.

Demikian share dari saya, semoga bermanfaat dan mnghibur kamu yang membaca. Sehingga kamu punya inspirasi dan semangat menghadapi dosenmu yang galak. Intinya, tetaplah nikmati semua masa kuliahmu agar kamu merasa bahagia dalam menjalaninya.

0 Response to "Tips Cara Menghadapi Dosen yang Galak atau Killer"

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.