PUISI MAKNA BIDIKMISI - Catatan Sang Bidikmisi Ke-1

B…
Berjuang sepenuh hati meraih mimpi
Berusaha mengukir masa depan yang lebih berarti
Bertarung hadapi tiap tantangan kini dan nanti
Bertahan lewati hari-hari dengan senyum dihati
Berdoa sepanjang waktu kepadi Sang Maha Pemberi

I…
Ini adalah hidup yang berarti
Indah terasa jika tetap bersyukur disetiap hari
Ingin berkarya untuk negeri ini
Indonesia negeri yang kami cintai
Impian dari kami membangun negeri ini


D…
Dunia yang penuh warna pelangi
Di dalamnya kami hidup mencari jatidiri
Di hati di jiwa ini kami merenungi
Dari lubuk hati sejernih embun pagi
Dalam harapan menjadi orang yang berguna untuk negeri

I…
Ikatan yang kuat dalam persaudaraan
Indah harmoni senasib seperjuangan
Ikatan kami yang tercipta penuh kesadaran
Impian kami demi kemajuan
Indonesia yang penuh kesejahteraan


K…
Kami memang dari keluarga sederhana
Kekurangan yang banyak kami punya
Kelebihan yang akan kami cipta
Ke depan kami punya cita-cita
Ke arah perubahan untuk indonesia

M
Menapaki langkah yang tajam berliku
Menyusuri jalan yang terjal berbatu
Meski sering kami bertarung malu
Menghadapi lingkungan yang tak menentu
Merenungi diri kami katakan "kami pasti mampu !!!"

I…
Isak tangis hiasi perjalanan ini
Indah menetes mengalir di pipi
Inilah perjuangan kami
Inilah diri kami
Insan hidup yang terus mengejar mimpi

S…
Syukur kami panjatkan
Sebagai ungkapan kepada Sang Tuhan
Sang Maha Pencipta seluruh kehidupan
Sang Maha Pemberi segala kebahagiaan
Sang Maha Adil, Allah Maha Pemberi Keadilan

I
I love my live
I will keep my spirit smile
I believe I can do the best
I will be the winner
I love Bidikmisi

Deretan bait puisi yang aku tulis untuk menyemangati diriku sendiri. Aku yang kini telah menjadi seorang mahasiswa. Tepatnya sebagai mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di Universitas Negeri Semarang.

Setelah perjuangan yang aku lalui dengan berkali-kali gagal seleksi, akhirnya aku bisa berhasil juga lolos seleksi hingga aku pun bisa kuliah. Kekuatan akan harapan dan cita-cita membuatku mampu melewati tantangan demi tantangan. Karena aku sadari bahwa setiap harapan yang dimiliki seseorang akan membuatnya mampu tetap berjuang dengan penuh semangat.

Teringat dulu kala ketika masih putus sekolah, sebagai seorang perantau di pulau Kalimantan. Seorang penambang pasir yang begitu memeras keringat dalam bekerja. Siang hari dihabiskan dibawah teriknya sinar matahari. Memiliki masa depan yang begitu suram, itulah yang dulu aku rasakan. Penyesalan dan sadar diri hidupku masih panjang, itu lah yang membuatku bangkit karena aku masih memiliki banyak harapan hingga akhirnya aku berani lagi tuk bermimipi. Mimpi-mimpi untuk bersekolah lagi dan menuntut ilmu di pondok. Semuanya pun akhirnya terwujud, aku bisa sekolah lagi dan juga aku bisa menuntut ilmu di pondok pesantren pula.
Mimpi berikutnya pun datang kala di akhir masa SMA, aku bermimpi untuk bisa kuliah. Aku pun dengan semangat mengejar mimpi-mimpi itu. Akhirnya kini mimpi itu pun bisa terwujud,aku bisa kuliah di Universitas Negeri Semarang. Kurasa masa depanku sepertinya telah berubah, kebalikannya dari dulu saat merantau yang penuh kesuraman kini berubah menjadi begitu penuh kecerahan. Kini aku menjadi seorang mahasiswa yang seolah melihat gerbang-gerbang masa depan yang gemilang yang amat banyak. Memang hakikatnya setiap orang memang berhak bermimpi, dengan mimpi-mimpi itu dia akan berusaha mengubah masa depannya menjadi lebih baik.

Setiap orang berhak menjadi yang terbaik. Aku yang hanya seorang anak dari keluarga petani. Seorang anak yang dibesarkan oleh kasih sayang seorang ibu yang tak punya banyak harta, tetapi aku tidak mau kalah dengan teman-temanku. Tak mau terlalu mengeluh, bahkan dibandingkan dengan orang lain yang mempunyai keberuntungan lebih dariku. Semuanya karena aku ingin menjadi lebih baik bahkan yang terbaik di antara mereka. Walau dari dari sekolah swasta pinggiran, SMA Muhammadiyah 03 Kayen yang baru berdiri dua tahun kala aku masuk. Aku tidak ingin membuat alasan bahwa karena aku sekolah disekolah kecil  maka itu membatasiku untuk bercita-cita kuliah. Aku ingin kuliah, itu lah tekadku. Dimanapun aku bersekolah, aku pun punya kesempatan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi favorit yang ada. Aku tak ingin kalah dengan siswa-siwa dari sekolah lain, baik dari sekolah negeri maupun sekolah yang lebih favorit dari sekolahku. Tekad itu pun begitu kuat, Hingga akhirnya aku bisa tunjukan pada teman-temanku yang seolah tak berani mengikuti ujian seleksi masuk perguruan tinggi. Mengira akan kalah saing dengan siswa-siswa dari sekolah lain, aku pun bisa melakukannya. Akhirnya aku bisa diterima di Universitas Negeri Semarang.
Syukur Alhamdulillah aku panjatkan. Allah telah memberiku sebuah kesempatan untuk menuntut ilmu hingga keperguruan tinggi, hingga aku bisa bertemu orang-orang seperjuangan denganku. Para mahasiswa bidikmisi dari seluruh pelosok negeri. Para pemuda yang mempunyai harapan dan semangat yang tinggi. Para pemuda yang ingin turut serta membangun negeri ini.
Para mahasiswa bidikmisi, teman-teman baruku disini. Sama sepertiku yang memiliki cita-cita yang tinggi. Kami yang berasal dari berbagai golongan yang tak punya, hingga terlihat banyak kekurangan yang kami punya. Tetapi kami punya harapan untuk Indonesia, kami akan berjuang menciptakan kelebihan-kelebihan untuk diri kami. Hingga bisa membuat Indonesia tersenyum bangga.

Semangat kami, doa-doa kami, isak tangis dalam perjuangan kami, serta harapan-harapan kami itulah kekuatan kami. Hingga kami bisa disini, belajar hingga sampai perguruan tinggi. Ini bukanlah akhir, tetapi ini adalah sebuah gerbang awal keberhasilan kami. Berbuat dengan penuh semangat, hingga kedepan kami berharap bisa dapatkan keberhasilan-keberhasilan baru yang lebih hebat. Tak ingin beasiswa bidikmisi yang telah pemerintah Indonesia berikan kepada kami ini menjadi sia-sia belaka.  Kami ingin mewujudkannya, supaya memang akan mencapai tujuannya. Tujuan dari pemberian beasiswa bidikmisi semoga bisa kami wujudkan dengan tekad dan semangat kami. Terwujud suatu saat nanti,  “Merajut asa, memutus rantai kemiskinan”.

0 Response to "PUISI MAKNA BIDIKMISI - Catatan Sang Bidikmisi Ke-1"

BERLANGGANAN GRATIS VIA EMAIL

Dapatkan Artikel Terbaru Dari Blog Mas Agus JP Melalui Email Anda.